Jumat, 08 Februari 2013

Review Novel #Before Us




Judul Novel : Before Us
Penulis : Robin Wijaya
Penerbit : Gagasmedia
Genre : Romance


Seminggu setelah pertunangan Agil dan Ranti, mereka menghabiskan long weekend di Pulang Umang, Ujung Kulon, Banten.  Ketika liburan itulah Agil menerima email dari seseorang yang berada di Seoul, Korea. Seseorang itu bernama Gema Radith Satya, biasa dipanggil Radith, ia adalah ‘mantan’ Agil. Tepatnya Radith dan Agil pernah menjalin hubungan sesama jenis saat mereka masih sekolah dan kuliah di Bandung (diceritakan pada bab 6 “It Was Love”, halaman 83).

Kehadiran Radith setelah lebih dari tiga tahun berpisah dengan Agil adalah konflik terbesar dalam novel berlatar belakang kehidupan urban ini. Dengan gaya bahasa dan penuturan Robin yang lembut dan dewasa, novel ini menjadi berbeda dengan novel bertema sejenis lainnya, pembaca diajak dan dibawa untuk memiliki pola pikir yang lebih matang dalam mengenal kehidupan cinta sejenis dari dua lelaki yang berawal sebagai seorang sahabat yang dalam waktu bersamaan mereka masing-masing pernah memiliki pacar seorang wanita.

Alur maju mundur yang ditampilkan oleh Robin, membikin pembaca jadi penasaran untuk terus  menikmati lembar demi lembar ceritanya sampai halaman terakhir yaitu halaman 297. Dan apa yang dituliskan Robin dalam novel ini segalanya terasa real, begitu nyata, seperti sebuah pengalaman pribadi yang pernah dilalui sendiri oleh penulis lalu dituliskan kembali. Terutama berkenaan setting cerita dan ruang lingkup keseharian tokoh Agil dan juga pekerjaannya sebagai trainer department pada sebuah perusahaan produksi.

Robin juga telah berhasil  menyampaikan amanat cerita dengan tepat. Agil telah mengambil keputusan yang terbaik untuk kehidupannya, walaupun sempat goyah dengan pesona yang ditebar kembali oleh Radith.

Bagi Anda penyuka novel romance, “Before Us” menjadi salah satu buku rekomendasi untuk mendapatkan sebuah bacaan yang bertema umum namun disampaikan dengan menarik dan penuh penghayatan dalam menuliskannya.

Untuk novel “Before Us” saya memberi bintang : 4,3 star / 5 star.

Happy Reading,
-Dang Aji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar